Gereja Katolik
PAROKI ST. PERAWAN MARIA YANG DIKANDUNG TAK BERNODA ASAL - KATEDRAL MEDAN

English Indonesia
  SEJARAH PAROKI  | BERITA | IMAN KITA  | RENUNGAN | BUKU TAMU | TANYA JAWAB
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 3
Lukas 1:38

Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
Luke 1:38

Then Mary said, Behold, I am the handmaiden of the Lord; let it be done to me according to what you have said. And the angel left her.
Lukas 1:46-47

Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan,
dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku,

Luke 1:46-47

And Mary said, My soul magnifies and extols the Lord,
And my spirit rejoices in God my Savior,

Lukas 1:48

sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,
Luke 1:48

For He has looked upon the low station and humiliation of His handmaiden. For behold, from now on all generations [of all ages] will call me blessed and declare me happy and to be envied!
Lukas 1:49-50

karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus.
Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia.

Luke 1:49-50

For He Who is almighty has done great things for me--and holy is His name [to be venerated in His purity, majesty and glory]!
And His mercy (His compassion and kindness toward the miserable and afflicted) is on those who fear Him with godly reverence, from generation to generation and age to age.

Lukas 1:51

Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya;
Luke 1:51

He has shown strength and made might with His arm; He has scattered the proud and haughty in and by the imagination and purpose and designs of their hearts.
Lukas 1:52-53

Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah;
Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa;

Luke 1:52-53

He has put down the mighty from their thrones and exalted those of low degree.
He has filled and satisfied the hungry with good things, and the rich He has sent away empty-handed [without a gift].

Lukas 1:54

Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya,

Luke 1:54

He has laid hold on His servant Israel [to help him, to espouse his cause], in remembrance of His mercy,

Lukas 1:55

seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya."
Luke 1:55

Even as He promised to our forefathers, to Abraham and to his descendants forever.
Lukas 2:48

Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau."
Luke 2:48

When his parents saw him, they were astonished. His mother said to him, "Son, why have you treated us like this? Your father and I have been anxiously searching for you."
Yoh 2:5

Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!"
John 2:5

His mother said to the servants, “Do whatever he tells you.”
     
SEKRETARIAT
DPPKM
STASI ST. PAULUS
LINGKUNGAN
LITURGI
PETA
 PELAYANAN PASTORAL
   
 
 WARNASARI
   
 
 VIDEO
   
 
 
SEKRETARIAT

GEREJA KATEDRAL
St. Perawan Maria yang Dikandung tak Bernoda Asal

PAROKI KATEDRAL MEDAN
Jl Pemuda No. 1 – Medan 20151
Telp : 061 - 4552753
Fax : 061 - 4558918
 Handphone :
081361925876

JAM KERJA
Senin s/d Jumat : Pkl 09.00 - 16.30 WIB
Sabtu : Pkl 09.00 - 12.00 WIB
YM LIVE CHAT
JOIN US

 
Link Lainnya:
 
 

HOLY BOOK


:  -



 

K O N K O R D A T

Lanjutan
 


 
MISA SYUKURAN 40 TAHUN TAHBISAN USKUP MGR. PIUS DATU BARA
 


RM Indonesia Online Streaming
Dengarkan di WINAMP


Radio Karina


Radio HMWN


Radio Maria


Radio Spirit Catholic

   
 

1424082

Pengunjung hari ini : 43
Total pengunjung : 243023

Hits hari ini : 444
Total Visitor : 1424082

Pengunjung Online: 1

JADWAL PERSEKUTUAN DOA & DEVOSI KERAHIMAN ILAHI
PERSEKUTUAN DOA
St. Maria Medan
Jl Pemuda Medan
Senin 17:30
St. Theresia Avilla
Jl. Hayam Wuruk
Rabu 16:00
Kristus Raja
Jl. MT. Haryono
Rabu 19:30
Emanuel (muda mudi)
Jl. MT Haryono
Minggu ke II & IV 15:00
St. Petrus
Jl. Pelita V - Medan Timur
Sabtu 15:00
St. Fransiskus
Matahari Raya Helvetia
Jumat 18:00
St. John Penginjil
Jl. Mestika Mandala
Selasa 17:00
St. Paulus
Jl. HM. Joni Pasar Merah
Jumat 18:00
Olivia Narwastu
Jl. Dr. Mansyur USU
Kamis 18:00
KTM
Gereja St. Anthonius Hayam Wuruk
Kamis 17:30 (Adorasi)
   

 

  
DEVOSI KERAHIMAN ILAHI
Gereja Katedral
Jl Pemuda Medan
Selasa 17:30
Gereja St. Antonius
Hayam Wuruk
Senin  17:30
Gereja St. Johanes Penginjil
Mandala
Senin 17:30
Gereja Kristus Raja
Medan
Kamis 17:30
Gereja St. Petrus
Medan Timur
Sabtu 15:00
 
 

 

 

 
 
WARTA GEREJA
JANGAN MARAH
Pada suatu siang di simpang traffic light, seorang pengendara sepeda motor di belakang saya membunyikan klakson. Dalam hati saya bertanya, kenapa dia mengklakson begitu? Semua orang juga berhenti menunggu lampu merah, apa dia mau menerobos? Saya diamkan, tetapi suara klakson itu berbunyi lagi. Saya menoleh ke belakang sekedar menunujukkan kalau saya tidak suka hal itu. Tapi beberapa saat kemudian suara klakson itu kembali terdengar. Saya pun menoleh sekali lagi, diiringi dengan ucapan teguran dengan nada marah. Setelah itu situasi kembali hening tanpa bunyi klakson.
DETAILS
AKU PUNYA MAMA YANG HEBAT
"Mama sedih yah?" Pertanyaan yang sebenarnya yang sebenarnya tidak patut lagi saya pertanyakan kepada mama. Betapa hancurnya hati mama yang ditinggalkan beliau (nenek). Setelah sekian lama beliau melahirkan, menjaga, membimbing. Akhirnya beliau dengan tenang pergi untuk selama-lamanya. Mungkin awalnya saya terkesan egois dan tidak mempedulikan perasaan mama. Tapi pada saat masa-masa kritis terjadi pada beliau,
DETAILS
KUNJUNGAN LEGIO MARIA BUNDA PERTOLONGAN ABADI
Pada hari Minggu, tanggal 15 Juni 2014, Legio Maria Perawan Yang Murah Hati (LM PYMH) mendapat kunjungan dari Legio Maria Bunda Pertolongan Abadi (LM BPA) Paroki  Kristus Raja Medan. Tugas kunjungan yang merupakan tugas koinonia ini sebenarnya sudah lama direncanakan dan baru direalisasikan pada saat itu. Legio Maria Bunda Pertolongan Abadi Paroki Kristus Raja adalah Presidium senior yang semua legionernya berasal dari kaum bapak-bapak. Boleh dikatakan Legio Maria ini merupakan satu- satunya Legio Maria di bawah naungan Dewan Regia (Regia adalah dewan yang membawahi Legio Maria yang ada di Medan, daerah Sumatera Utara dan beberapa daerah Sumatera lainnya) yang anggotanya dari kaum pria. Legio ini berdiri pada tanggal 5 September 1962, hampir berumur 52 tahun. Rapat dilaksanakan setiap hari Senin, pukul 19.00 WIB, bertempat di aula Paroki Kristus Raja. Saat ini jumlah legionernya ada 15 orang yang berasal dari beberapa Paroki di Medan.
DETAILS
SELAMAT JALAN FR. TARSISIUS

“Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya” (Yoh11 : 25-26)
Pada tanggal 2 Juni 2014 pukul 19.30, kita kehilangan seorang sosok yang luar biasa, telah berpulang ke rumah bapa di surga FR.TARCISIUS MAWEIKERE, CMM di RS Panti Rapih Yogja, dalam usia 51 tahun.
DETAILS
LINGKUNGAN ST. MARIA - SUKARAJA UPAYA MENINGKATKAN KEIMANAN DAN KEAKRABAN SESAMA UMAT

  
Dalam rangka meningkatkan keakraban sekaligus memupuk keimanan, lingkungan St Maria Sukaraja, Paroki Katedral Medan, Sabtu dan Minggu kemaren wisata rohani di Retret Centre Sukamakmur Sibolangit, Deli Serdang. Pastor Sukisno OFM Conv yang memimpin Misa dalam kotbahnya
agar umat senantiasa berbuat baik selama hidup di dunia. Perbuatan baik adalah dasar kita sebagai umat yang layak nanti sebagai penghuni kerajaan Allah di surga.
DETAILS
AKU PUNYA MAMA YANG HEBAT
"Mama sedih,.. yah?"     Pertanyaan yang sebenarnya tidak patut lagi saya pertanyakan kepada mama. Betapa hancurnya hati mama yang ditinggalkan beliau (nenek). Setelah sekian lama, beliau melahirkan, menjaga, membimbing. Akhirnya beliau dengan tenang pergi untuk selama-lamanya.

Mungkin awalnya saya terkesan egois dan tidak mempedulikan perasaan mama. Tapi pada saat masa-masa kritis terjadi pada beliau, saya semakin mengerti bagaimana perasaan seseorang anak yang melihat ibunya sakit tergeletak tidak berdaya. Mama boleh saja sudah memiliki keluarga sendiri, boleh saja sudah hampir memiliki cucu. Tapi, sampai kapanpun mama adalah seorang anak yang memiliki orangtua seperti orang-orang lain.
DETAILS
HARTA YANG BERNILAI
Di suatu negeri hiduplah seorang ibu dengan gadis sematawayangnya. Ibu ini sangat menyayanginya. Semua kebutuhan dipenuhinya dengan baik. Namun ketika si gadis bertambah dewasa, si ibu menjadi sedikit kawatir dengan nasib hidupnya kelak. Siapa yang akan merawat aku? Anakku adalah hartaku satu-satunya. Bagaimana kalau dia pergi? Maka sejak itu si ibu mulai memberikan pandangan dan arahan pada kehidupan si gadis. Pandangan dan arahan itu pada akhirnya bagai suatu paksaan. Semuanya serba diatur. Si gadis digenggam, dia tidak boleh terlepas. Sementara si gadis juga mempunyai kehendak bebas dalam hidupnya. Hubungan baik itupun lambat laun mulai retak. Dan akhirnya si gadis pergi meninggalkan ibunya.
DETAILS
PESAN SRI PAUS FRANSISCUS: KOMUNIKASI SEBAGAI BUDAYA PERJUMPAAN YANG SEJATI II
Bagaimana komunikasi dapat hadir demi suatu budaya sejati dari perjumpaan? Apa artinya bagi kita, sebagai murid-murid Tuhan, berjumpa dengan orang lain dalam terang Injil? Meskipun keterbatasan-keterbatasan dan kedosaan kita, bagaimana kita sesungguhnya menjadi dekat satu sama lain? Pertanyaan-pertanyaan ini tersimpulkan dalam apa yang seorang ahli kitab – seorang komunikator - pernah mempertanyakan kepada Yesus: “Dan siapakah sesama-ku?” (Lk 10:29). Pertanyaan ini dapat membantu kita untuk melihat komunikasi dalam istilah “kesesamaan”. Mungkin kita dapat mengkalimatkannya sebagai berikut: Bagaimana kita dapat menjadi “sesama” dalam penggunaan media komunikasi dan dalam lingkungan baru yang diciptakan oleh teknologi digital? Saya menemukan suatu jawaban dalam perumpamaan Orang Samaria yang baik, yang juga merupakan sebuah perumpamaan tentang komunikasi. Orang-orang yang mengadakan komunikasi, nyatanya, menjadi sesama.
DETAILS
PESAN SRI PAUS FRANSISCUS: KOMUNIKASI SEBAGAI BUDAYA PERJUMPAAN YANG SEJATI
Saudara-saudari terkasih,
Dewasa ini kita hidup dalam suatu dunia yang tumbuh semakin “kecil” dan di mana, sebagai hasilnya, nampaknya lebih mudah bagi kita sekalian untuk menjadi sesama. Perkembangan dalam teknologi perjalanan dan komunikasi lebih mendekatkan kita bersama dan membuat kita lebih terhubungkan, karena globalisasi semakin membuat kita saling bergantung. Biarpun demikian, pemisahan-pemisahan, yang seringkali demikian mendalam, terus menerus hadir dalam keluarga manusiawi.
DETAILS
INFO TERKINI
LINGKUNGAN POLONIA
 KEGIATAN DALAM MASA PASKAH
Tahun 2015 MERUPAKAN Tahun membawa berkah, dimana ibu-ibu ST.Theresia  Polonia dapat turut dalam partisipasi misa tambahan yang diadakan pada pukul 17.00 hari Kamis Putih 02 April 2015 (karena tahun tahun sebelumnya Misa Kamis Putih hanya satu kali di paroki Katedral Medan, tahun 2015 ada 2 kali Misa, jam 17.00 dan 19.00).  Lingk Polonia mengutus 9 orang ibu-ibu menjadi penerima tamu.  Luar biasa penyambutan umat yang merindukan sang yesus penebus, umat yang hadir hampir sekitar  90 % memenuhi gereja.
DETAILS
JADWAL MISA PEKAN SUCI 2015
Sabtu 28-Mar 17:30  
Minggu Palma 29-Mar 06:30  
08:30 Ada Perarakan
12:00  
17:30  
Kamis Putih 02-Apr 17:00  
19:00  
21:30 Tuguran
22:15 Tuguran
23:00 Tuguran
Jumat Agung 03-Apr 09:00 Jalan Salib
12:00    
15:00 Upacara Sengsara Yesus
Sabtu Suci 04-Apr 19:00  
Minggu Paskah 05-Apr  08:00 Misa I (Asmika)
 10:00 Misa II
 
12:00 Misa III (Bahasa Inggris)
17:30 Misa III
DETAILS
RETRET LINGKUNGAN ST. AGNES TITI KUNING
 Sabtu dan Minggu pada tanggal 24-25 Januari 2015 yang lalu umat Lingkungan  St. Agnes Titi Kuning mengadakan retret ke Talun Kenas.   Retret ini merupakan agenda tahunan Pengurus Lingkungan, yang bertujuan agar hubungan kekeluargaan antar umat dapat terjalin lebih erat. Umat yang ikut serta  44 orang, berangkat pukul 14.00 WIB yang diawali dengan acara doa bersama.
Kami  tiba di tujuan pukul 16.05 WIB. Setelah pembagian kamar, umat menikmati coffee break. Setelah itu acara dilanjutkan dengan outbond. Dalam satu tim, umat dibagi dalam 4 group, terdiri dari anak-anak, remaja, bapak-bapak, dan ibu-ibu.
DETAILS
PENGUMUMAN MINGGU INI

1. AKSI SOSIAL DONOR DARAH
PSE DPPKM bekerjasama dengan RS St Elisabeth Medan akan mengadakan aksi sosial donor darah yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 8 Februari 2015 pukul 08.00 wib. Mohon partisipasi umat.

2.  PENGUMPULAN DAUN PALMA KERING  
Dihimbau kepada umat untuk mengumpulkan Daun Palma kering yang telah diberkati pada hari Minggu Palma tahun lalu untuk dijadikan abu pada hari Rabu Abu yang akan datang.  Pengumpulan daun palma kering dapat melalui pengurus lingkungan atau diserahkan langsung ke sekretariat Paroki setiap hari pada jam kerja.

3. RABU ABU
Perayaan Ekaristi dan Pemberian Abu (permulaan masa puasa) akan diadakan pada hari
  • Selasa tanggal 17 Feb 2015 pkl 17.00 dan 19.00;
  • Rabu Abu, tanggal 18 Feb 2015, pukul 06.00 pagi, 17.00 dan 19.00 wib sore/malam.


4. MISA IMLEK    

Misa Imlek akan diadakan pada hari Kamis 19 Februari 2015 pukul 08.00 wib; selesai Misa akan diadakan ramah tamah sederhana. Bila ada umat yang berkenan menyerahkan makanan & jeruk dipersilahkan.

5. KURSUS PERSIAPAN PERKAWINAN
Kursus Persiapan Perkawinan akan diadakan pada hari Sabtu & Minggu tanggal 28 Febr & 01 Maret 2015. Formulir pendaftaran dapat diambil di Sekretariat Katedral selesai Misa ke III atau setiap hari pada jam kerja.Kursus ini wajib bagi pasangan yang akan menikah atau yang sudah menikah tetapi belum mengikuti kursus ini.

6. JADWAL SAKRAMEN TOBAT
Sakramen tobat akan dilayani pada hari Senin & Selasa tanggal 16 & 17 Maret 2015 jam 16:00 WIB dan dilanjutkan kembali pada hari Jumat & Sabtu tanggal 20 & 21 Maret 2015 jam 16:00 WIB.

DETAILS
KUNJUNGAN I KE BATANG KUIS TAHUN 2013 (NOSTALGIA)
LINGKUNGAN ST. THERESIA - POLONIA
 
 Pada tanggal 17 Desember 2013, anggota Lingkungan St. Theresia-Polonia berkesempatan mengunjungi Stasi St. Agatha yang terletak di Jl. Pancasila No. 88, Batang Kuis. Kunjungan tersebut dilakukan untuk memenuhi undangan Romo Prasetyo yang baru saja mendapat tugas menjadi Pastor Paroki di Batang Kuis. Sesampainya disana, rombongan disambut oleh Romo Prasetyo beserta keluarga dari umat setempat, terdiri dari orang tua dan anak-anak. Kami juga sempat berdoa di gereja tua yang sudah mengalami kebocoran di banyak tempat. Kondisi tersebut jauh berbeda jika dibandingkan dengan Gereja Katedral kita yang megah dan nyaman. Namun kita yakin bahwa Tuhan hadir dimana-mana.
DETAILS
KEGIATAN LINGKUNGAN ST. ELISABETH - BRAYAN DARAT
Perayaan Natal di Anna Velangkani
 (Mengenang Tsunami 10tahun)
Mengakhiri tahun 2014 perayaan Natal bersama Keluarga Besar St. Elisabeth Pulau Brayan Darat di selenggarakan di Gereja Anna Velangkani pada tangal 26 Desember 2014. Rangkaian acara dimulai pada pukul 18.30 dengan dihadiri kurang lebih 150 umat St. Elisabeth P. Brayan Darat. Pada Khotbah misa Pastor James mengatakan bahwa bencana Tsunami di Aceh mempunyai hikmah perdamaian. Setelah beberapa tahun sebelumnya Aceh penuh gejolak dengan datangnya bencana Tsunami sebagai simbol peringatan bahwa Aceh harus lebih menghargai perdamaian. Setelah 10 tahun terjadinya bencana, kota Aceh sudah bangkit kembali. Inti dari Khotbah Pastor James dapat disimpulkan bahwa datangnya bencana dapat menyadarkan rakyat Aceh bahwa hidup harus tetap berjalan dan diperjuangkan.
DETAILS
KEGIATAN LINGKUNGAN ST. THERESIA
Di penghujung tahun 2014, anggota Lingk. St Theresia Polonia berkumpul dan berdoa di kesusteran FSE Lanjut usia di pasar 8, Ring Road simpang Pemda - Medan. Tepatnya pada hari Rabu, 19 November 2014. Kami yang saat itu hadir berkisar 20 orang.
Para Anggota berkumpul di rumah ibu wakil ketua yang sangat baik, Luluk Williams, di jl. Pattimura,  sebagai ‘Meeting Point’  sebelum bersama-sama untuk berangkat menuju ke kesusteran yang memakan waktu kira-kira 30 menit.
Sesampainya di daerah yang dimaksud, para umat masih kebingungan mencari kesusteran yang akan dikunjungi, karena memasuki jalan yang kecil dan rusak. Tiba-tiba, di sebelah kanan terlihatlah gerbang besar yang menandai kesusteran tersebut,  maka kamipun bergegas memasuki area yang luas, dimana terdapat gereja, dan gedung-gedung yang megah yang berfungsi sebagai sekolah perawat dan juga rumah para suster FSE.
DETAILS
MISA NATAL DAN TAHUN BARU 2014-2015
Misa Malam Natal
24-12-2014 Pkl 19:00 dan 22:30
 
Stasi
Pkl 19:00
Hari Raya Natal
25-25-2014
Pkl 9:00; 11:30 dan 17:30
 
Stasi
Pkl 10:30
Misa Penutup Tahun Baru
31-12-2014
Pkl 19:00
 
Stasi
Pkl 19:00
Misa Tahun Baru
01-01-2015
Pkl 9:00 dan 17:30
 
Stasi
Pkl 10:30
DETAILS
 
PASTOR PAROKI


READ MORE

PASTOR

  RD. SEBASTIANUS EKA BS

  RD. SEBASTIANUS EKA BS
 
Pastor yg saat ini bertugas di gereja Katedral:
Pastor Paroki 
RD. Sebastianus Eka BS
Pastor Rekan : RD. Daniel Manik
DETAILS
JADWAL MISA
Jadwal Misa
Terhitung mulai tanggal 30 Nopember 2014

 
Misa Harian : Misa Pagi :

06.00WIB 

Misa Jumat :
18.00WIB
Misa Sabtu : 17.30WIB

Misa Minggu :

Misa Minggu jam 15.00 WIB diawali dengan Doa Kerahiman Ilahi  

06.30WIB
08.00WIB
10.00WIB
15.00WIB
17.30WIB

Misa Bahasa Inggris
........................................ Minggu   I:

12.00WIB
Novena Maria Bunda Pertolongan Abadi ................................... Sabtu :
17.00WIB

Pentahtaan Sakramen Maha Kudus ............................... Minggu :

17.00WIB
Devosi Kerahiman Ilahi ............................................ Selasa : 17.30WIB

STASI ST. PAULUS
Misa Minggu:

10.30WIB 

DETAIL
Jadwal Doa Lingkungan
JADWAL DOA LINGKUNGAN
Lingkungan Brayan Kota
Selasa, 28/06/2016 Jam 18:30 WIB
dr. Elizabeth Lim/Monica Chitra
Jl. Bahagia No. 88-W
Cemara Asri
Lingkungan Polonia
Rabu, 29/06/2016 Jam 17:00 WIB
Ibu Aili
Jl. H. Agus Salim No. 2C
Lingkungan Lorong 1
Rabu, 29/06/2016 Jam 20:00 WIB
W. Panggabean
Lorong 1
Lingkungan Brayan Darat
Selasa, 28/06/2016 Jam 19:00 WIB
Ign. Dermawanto
Komplek Jemadi Permai I No. 25
Telp. 6631078
Lingkungan Sei Agul
Kamis, 30/06/2016 Jam 19:00 WIB
Ibu Merry Sonya
Jl. Karya Gang Perdamean No. 
Lingkungan TNI AU
Kamis, 30/06/2016 Jam 19:30 WIB
Bapak P. Sembiring
Komplek TNI AU Karangsari
No. hp: 081265013003
Lingkungan Kampung Baru
Kamis, 30/06/2016 Jam 19:00 WIB
M. Manalu
Jl. Menteng 7
Komplek Menteng Indah The Green 9E
Lingkungan Titi Kuning
Jumat, 10/06/2016 Jam 19:00 WIB
M. Theresia
Jl. Brigjend. Zein Hamid
Komp. Damai Mas No. 8
Lingkungan Sukaraja
Jumat, 10/06/2016 Jam 18:00 WIB
Ibu Florentina
Jl. Pelita I Gang Sani No. 2
Lingkungan Lorong Satu
Rabu, 08/06/2016 Jam 18:00 WIB
S. Silalahi br. Simbolon
SMA 3
Lingkungan Multatuli
Kamis, 30/06/2016 Jam 20:00 WIB
F. Sitanggang
Jl. Multatuli Lingk. IV No. 96
Lingkungan Mangkubumi
Rabu, 24/06/2015 Jam 19:00 WIB
Tita
Jl. Mangkubumi
Lingkungan Kesawan
Jumat, 1/07/2015 Jam 19:00 WIB
Thomas Breevort
Jl. Karya Tani Gang Mangga No. 5
Johor
Lingkungan Brayan Darat
Kamis, 07/05/2015 Jam 19:00 WIB
T. Tarigan
Perumnas Simalingkar Depan Sekolah BM
HP: 081261660404
Lingkungan Glugur Kota
Rabu, 08/06/2016 Jam 18:30 WIB
F. Leonardo Tionardi
Jl. K.L. Yos Sudarso Lorong IA No. B-5
Telp. 6617194 atau 0811657672
 
JADWAL DOA STASI
Stasi St. Maria
Selasa, 07/06/2016 Jam 19:30 WIB
B. Manik br. Simanjuntak
Gang Turi Lorong Toba
Stasi St. Theresia
Selasa, 07/06/2016 Jam 19:30 WIB
J. Nainggolan br. Sinaga
Tol Mulia 5
Stasi St. Elizabeth
Rabu, 29/06/2016 Jam 19:30 WIB
S. Marbun br. Sinaga
Jl. Kawat IV
Stasi St. Petrus
Kamis, 30/06/2016 Jam 19:00 WIB
DH Malau br. Samosir
Jl. Lima
Stasi St. Fransiskus
Kamis, 30/06/2016 Jam 19:30 WIB
B. Sinaga br. Samosir
Jl. Purwosari Gg. Setia
Stasi St. Michael
Kamis, 30/06/2016 Jam 19:30 WIB
P. Tarihoran br. Siahaan
-
Stasi St. Yosef
Jumat, 1/07/2016 Jam 19:30 WIB
A. Manulang br. Manalu
Gang Kartini

   

PERTEMUAN LAINNYA
LEGIO PERAWAN MARIA YANG MURAH HATI
Setiap hari Minggu jam 09:00
LEGIO MARIA BENTENG GADING
Setiap hari Selasa jam  17:00
Bertempat di ruang Mudika
ASMIKA
Setiap hari Minggu jam 09.00  - 11:00
Bertempat di aula SMP St. Maria
MISDINAR
Setiap hari Minggu terakhir jam 11:00
MUDIKA
Setiap hari Minggu II jam 11:00
depan gereja / Kantin Paroki
PS. Sursum Corda
Latihan Setiap hari Rabu & Sabtu
Jam 19:30 malam

DETAIL
RENUNGAN
MEMPERHATIKAN PENGUMUMAN

(MERAYAKAN EKARISTI SECARA BENAR DAN BAIK)

OLEH: RD. SEBASTIANUS EKA BS

 Saudara dan Saudari sekalian yang terkasih,
Dalam perayaan Ekaristi Hari Minggu biasa merupakan saat bagi umat untuk bisa berkumpul. Dalam konteks Gereja Katedral yang umatnya ada sekitar 5000 (lima ribu), dikalkulasikan sekitar 2700 umat yang bisa berkumpul di seluruh jadwal Ekaristi yang tersedia dalam perayaan Ekaristi hari Minggu biasa. Oleh karena itulah, pada setiap akhir perayaan disampaikan aneka pengumuman penting bagi umat.
Sangat ditekankan di sini yaitu pengumuman penting. Yang biasa terjadi di gereja Katedral kita ini adalah pengumuman mengenai beberapa hal, yakni menyangkut :
1.       Kolekte dan penerimaan sumbangan;
2.       Kegiatan/ pelayanan gerejawi yang akan melibatkan umat seperti penerimaan Sakramen;
3.       Perkawinan;
4.       Hari-hari peringatan penting gerejawi;
5.       Hal-hal penting lainnya.
Tentu saja tidak segala hal diumumkan, mengingat keterbatasan waktu. Namun kita masih memiliki media lain yang bisa memuat berbagai informasi atau pengumuman secara lebih luas lagi, yaitu Berita Katedral (BERKAT).
Sangatlah penting memperhatikan pengumuman dengan saksama. Tidak jarang pengumuman tersebut sangat berkaitan dengan keperluan kita. Misalnya saja pengumuman untuk pendaftaran penerimaaan Sakramen Baptis. Pengumuman seperti ini tentulah tidak diumumkan satu kali saja. Pasti beberapa kali. Tetapi tidak jarang pula ada umat saat telah memulai masa pembekalan ada yang terlambat untuk mendaftar, lalu mendesak-desak untuk diikutsertakan. Hal-hal yang seperti ini seharusnya bisa terhindar kalau kita sungguh punya perhatian. Apalagi banyak pengumuman juga dimuat di Berita Katedral (BERKAT).
Mari kita membiasakan diri untuk punya perhatian dan kepedulian atas pengumuman yang disampaikan di gereja. Oleh karena itu, janganlah setelah menerima komuni kudus, kita lalu buru-buru pulang oleh karena berbagai alasan, sehingga menerima komuni kudus seolah hanya sekedar jajan. Sebagaimana halnya orang jajan, setelah makan ya memang terus pulang. Datang dan ikut serta merayakan Ekaristi tidaklah terlalu banyak waktu terbuang. Waktu untuk Ekaristi biasanya berkisar antara 75 sampai 90 menit, kecuali pada hari raya tertentu. Tuhan telah banyak memberi waktu untuk kita, sangat baik bahwa kita pun mempersembahkan waktu juga untuk memuliakan Tuhan.

DETAILS
 

     
  HOME  |  SEJARAH PAROKI   BERITA  |  IMAN KITA  |  RENUNGAN  |   BUKU TAMU   TANYA JAWAB Gereja Katedral Medan
Developed by Prof. Dr. Petrus Irwan
Maintained by Bonar Siahaan